Guys, pernah gak sih ngalamin belanja di swalayan terus pas bayar kembaliannya gak sesuai. Ya emang sih biasanya itu kurangnya cuma 100 atau 200 perak (istilahnya). Tapi kan jadi kesel juga ama mbak kasir, kok segitu aja dikorupsi sih. Tapi itulah fenomena yang terjadi sekarang. Di beberapa mini market tertentu bahkan sudah punya reputasi tetap dalam hal mengelabui kembalian pembeli. Naudzubillahi min Dzalik.
Ikhlas sih, tapi kok..
Bulan Ramadhan tiba, saatnya kita memperbanyak amalan dan sebisa mungkin meniadakan dosa. Salah satu amalan yang utama di bulan ini adalah sedekah/infaq. Sebagaimana ane kutip dari artikel di konsultasisyariah.com sebagai berikut, Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, dan Beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan, bahkan melebihi angin yang berhembus. Hal ini menunjukkan bahwa sepatutnya kita lebih sungguh-sungguh lagi beribadah dan beramal saleh khususnya di waktu-waktu yang penuh keberkahan seperti di bulan Ramadhan. So, bulan ini waktu yang lebih mantab lagi buat sedekah. Tapi yang namanya Sodaqoh, musti ikhlas dong keluar dari hati terdalam. Karena kalo keluarnya dari TV, namanya Sodako (ane ngutip dari meme).
Berawal dari pengalaman ane kemaren belanja di salah satu mini market, sebut saja E*amart, pas bayar ane liat kembalian ane mustinya Rp. 26.200,- tapi sama mbak kasir cuma dikasih 26ribu. Antara bingung mau protes atau gak (secara ane tukang protes) tapi kali ini ane biarin aja sembari berusaha mengikhlaskan. Tapi si mbak ekspresinya kok flat gitu ya, kalo orang "bener" kan biasanya agak malu atau sungkan. Tapi ya sudahlah, 200 ini pikir ane. Sembari di perjalanan pulang ane mikir sendiri kira-kira tu duit yang dia asal comot dari para pembeli bakal cukupin semua kebutuhan dia gak ya, karena dari yang ane pernah denger nih, kalo duit gak bener itu gak berkah dan orang yang memakainya gak akan pernah merasa kecukupan dan ketenangan. Sambil juga ane berdoa semoga si mbak dikasi hidayah supaya gak lakuin itu lagi, semoga disegerakan bertaubat.
Bahkan sempat ane bayangin buat bersikap tegas sama tu mbak kasir dengan memberikan lagi uang 6ribu kembalian ane. Terus ane bilang, kalo mau duit saya ngapain cuma 200,nih sekalian 6.000. Biar ribut dan mbak nya malu. Tapi ane langsung istighfar dan ingat kalo masih diungkit dan marah artinya belum ikhlas, rugi banget dong gak dapat pahala.
Berbagai macam modus kecurangan
Dari internet ada beberapa modus kecurangan kasir mini market disertai tips menghindarinya. Seperti yang ane kutip di bintangtop.com berikut:
1. Uang Kembalian untuk Sumbangan
Menawari uang kembalian beberapa ratus rupiah untuk disumbangkan ke lembaga yang bekerja sama dengan mini Market mereka.
Tapi … setelah konsumen pergi, Kembalian tersebut kebanyakan tidak disumbangkan malah di kumpulkan menjadi cukup banyak tiap hari untuk pribadi.
2. Tidak Mencetak Struk & Memakai Member Card Sendiri
Modus ini sangat menguntungkan kasir lebih banyak, dengan tidak mencetak struk .. si kasir hanya mengetik dan mendisplay harga asli barang, setelah konsumen membayar dan pergi,
- Si kasir akan mengupdate display tersebut, maka muncullah harga potongan, maka potongan ini bisa diambil oleh sikasir, ada yang muncul beli 2 dapat 1, maka keuntungan ini juga diambil oleh si kasir, ada yang mendapat bonus barang lainnya karena pembelanjaan sekian pada produk tertentu, maka barang tersebut juga bisa di ambil oleh si kasir kadang untuk dimakan bersama teman sesama kasir, ada yang bisa dijual di luar.
- Dengan tidak mencetak struk untuk pembeli, si Kasir akan mencetak struk tersebut menggunakan member card nya, maka sekaligus hal ini akan menambahkan point dalam kartu membernya, dengan seringnya kasir mencetak struk untuk member cardnya sendiri, pointnya semakin cepat banyak yang bisa dipakai beli barang di mini market itu sendiri.
3. Dalih Komputer Rusak
Modus ini bisa lebih besar lagi hasilnya… dengan alasan komputer rusak padahal sebenarnya tidak, maka si Kasir akan menjaring lebih banyak konsumen yang membeli tanpa mendapatkan Struk … setelah sepi barulah kasir dapat menginput sendiri belanjaan sesuai dengan barang yang sudah keluar.
4. Memasukkan Barang pribadi ke pembelanjaan pembeli
Ini cara yang berisiko, maka hanya dilakukan oleh kasir pada para pembeli tertentu saja yang terlihat mudah lengah atau tidak teliti (umumnya pembeli cowok :). Caranya … saat orang membeli barang, si kasir menmabahkan item yang biasanya kebutuhan pribadi seperti kosmetika, sabun atau lainnya ke dalam daftar belanjaan pembeli. Setelah pembeli membayar dan pergi begitu saja… berarti sukses, si kasir sudh bisa mengambil barang yang dimasukkan list belanja tadi ke dalam tas pribadinya sendiri.
5. Kasir Restoran – Pembeli Rombongan
Untuk Restoran tidak jauh berbeda dengan beberapa modus diatas, di tambah modus nomor lima ini yaitu memanfaatkan konsumen rombongan, dimana karena melibatkan orang lebih banyak maka orang yang satu umumnya kurang hafal dengan apa yang diambil / dimakan oleh teman lainnya, sehingga kasir dapat menambahkan item makanan yang padahal tidak ada yang mengambilnya. Seorang kasir restoran saat di interview mengaku dengan cara tersebut bisa me Mark up harga menjadi lebih besar 10 ribu – 50 ribu rupiah. Kalau ada 10 rombongan di hari tersebut ? tinggal kalikan saja jumlah uang konsumen yang telah di curi haknya.
Target Orang yang Mudah Dikelabui Kasir Curang :
Pembeli yang tampak tergesa-gesa
Pembeli yang malas menghitung / memperhatikan struk
Pembeli yang sambil mainan hp / perhatiannya teralihkan.
TIPS Terhindar kasir Nakal dan Curang :
a. Awasi kasir saat menginput data / harga
b. Pastikan minta Struk
c. Teliti Struk sebelum meninggalkan Toko.
Sikap kita musti gimana ya..
Kalau ane sih liat-liat juga gan. Misalnya tu mbak-mbak gitu terus ane tegur juga. Tapi kalau dia gak lagi ya syukur deh. Sejauh ini saya masih doain aja yang bersangkutan dapat hidayah, karena sekecil apapun yang namanya bukan hak kita akan menjadi dosa kalau kita ambil, ya gak guys.
Ini pengalaman dicurangi pertama ane di minimarket tersebut. Karena biasanya juga belanja disitu kasirnya bener-bener aja kok. Ane sih kadang membatin juga kalau ngeliat perilaku gek bener gitu. Sebagai muslim kan kita wajib menentang kemaksiatan dengan daya upaya yang kita punya. Tapi juga khawatir jadi gak sweet ending. Takut si pelaku kena hukuman fatal sampe dipecat atau kena amuk massa. Naudzubillah.
Mudahan kita terhindar dari kejahatan seperti itu. Memang gak seberapa, tapi bisa merusak hati kita dengan amarah dan hati gak ikhlas.
(Kontributor: SKA)
Bulan Ramadhan tiba, saatnya kita memperbanyak amalan dan sebisa mungkin meniadakan dosa. Salah satu amalan yang utama di bulan ini adalah sedekah/infaq. Sebagaimana ane kutip dari artikel di konsultasisyariah.com sebagai berikut, Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, dan Beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan, bahkan melebihi angin yang berhembus. Hal ini menunjukkan bahwa sepatutnya kita lebih sungguh-sungguh lagi beribadah dan beramal saleh khususnya di waktu-waktu yang penuh keberkahan seperti di bulan Ramadhan. So, bulan ini waktu yang lebih mantab lagi buat sedekah. Tapi yang namanya Sodaqoh, musti ikhlas dong keluar dari hati terdalam. Karena kalo keluarnya dari TV, namanya Sodako (ane ngutip dari meme).
Berawal dari pengalaman ane kemaren belanja di salah satu mini market, sebut saja E*amart, pas bayar ane liat kembalian ane mustinya Rp. 26.200,- tapi sama mbak kasir cuma dikasih 26ribu. Antara bingung mau protes atau gak (secara ane tukang protes) tapi kali ini ane biarin aja sembari berusaha mengikhlaskan. Tapi si mbak ekspresinya kok flat gitu ya, kalo orang "bener" kan biasanya agak malu atau sungkan. Tapi ya sudahlah, 200 ini pikir ane. Sembari di perjalanan pulang ane mikir sendiri kira-kira tu duit yang dia asal comot dari para pembeli bakal cukupin semua kebutuhan dia gak ya, karena dari yang ane pernah denger nih, kalo duit gak bener itu gak berkah dan orang yang memakainya gak akan pernah merasa kecukupan dan ketenangan. Sambil juga ane berdoa semoga si mbak dikasi hidayah supaya gak lakuin itu lagi, semoga disegerakan bertaubat.
Bahkan sempat ane bayangin buat bersikap tegas sama tu mbak kasir dengan memberikan lagi uang 6ribu kembalian ane. Terus ane bilang, kalo mau duit saya ngapain cuma 200,nih sekalian 6.000. Biar ribut dan mbak nya malu. Tapi ane langsung istighfar dan ingat kalo masih diungkit dan marah artinya belum ikhlas, rugi banget dong gak dapat pahala.
Berbagai macam modus kecurangan
Dari internet ada beberapa modus kecurangan kasir mini market disertai tips menghindarinya. Seperti yang ane kutip di bintangtop.com berikut:
1. Uang Kembalian untuk Sumbangan
Menawari uang kembalian beberapa ratus rupiah untuk disumbangkan ke lembaga yang bekerja sama dengan mini Market mereka.
Tapi … setelah konsumen pergi, Kembalian tersebut kebanyakan tidak disumbangkan malah di kumpulkan menjadi cukup banyak tiap hari untuk pribadi.
2. Tidak Mencetak Struk & Memakai Member Card Sendiri
Modus ini sangat menguntungkan kasir lebih banyak, dengan tidak mencetak struk .. si kasir hanya mengetik dan mendisplay harga asli barang, setelah konsumen membayar dan pergi,
- Si kasir akan mengupdate display tersebut, maka muncullah harga potongan, maka potongan ini bisa diambil oleh sikasir, ada yang muncul beli 2 dapat 1, maka keuntungan ini juga diambil oleh si kasir, ada yang mendapat bonus barang lainnya karena pembelanjaan sekian pada produk tertentu, maka barang tersebut juga bisa di ambil oleh si kasir kadang untuk dimakan bersama teman sesama kasir, ada yang bisa dijual di luar.
- Dengan tidak mencetak struk untuk pembeli, si Kasir akan mencetak struk tersebut menggunakan member card nya, maka sekaligus hal ini akan menambahkan point dalam kartu membernya, dengan seringnya kasir mencetak struk untuk member cardnya sendiri, pointnya semakin cepat banyak yang bisa dipakai beli barang di mini market itu sendiri.
3. Dalih Komputer Rusak
Modus ini bisa lebih besar lagi hasilnya… dengan alasan komputer rusak padahal sebenarnya tidak, maka si Kasir akan menjaring lebih banyak konsumen yang membeli tanpa mendapatkan Struk … setelah sepi barulah kasir dapat menginput sendiri belanjaan sesuai dengan barang yang sudah keluar.
4. Memasukkan Barang pribadi ke pembelanjaan pembeli
Ini cara yang berisiko, maka hanya dilakukan oleh kasir pada para pembeli tertentu saja yang terlihat mudah lengah atau tidak teliti (umumnya pembeli cowok :). Caranya … saat orang membeli barang, si kasir menmabahkan item yang biasanya kebutuhan pribadi seperti kosmetika, sabun atau lainnya ke dalam daftar belanjaan pembeli. Setelah pembeli membayar dan pergi begitu saja… berarti sukses, si kasir sudh bisa mengambil barang yang dimasukkan list belanja tadi ke dalam tas pribadinya sendiri.
5. Kasir Restoran – Pembeli Rombongan
Untuk Restoran tidak jauh berbeda dengan beberapa modus diatas, di tambah modus nomor lima ini yaitu memanfaatkan konsumen rombongan, dimana karena melibatkan orang lebih banyak maka orang yang satu umumnya kurang hafal dengan apa yang diambil / dimakan oleh teman lainnya, sehingga kasir dapat menambahkan item makanan yang padahal tidak ada yang mengambilnya. Seorang kasir restoran saat di interview mengaku dengan cara tersebut bisa me Mark up harga menjadi lebih besar 10 ribu – 50 ribu rupiah. Kalau ada 10 rombongan di hari tersebut ? tinggal kalikan saja jumlah uang konsumen yang telah di curi haknya.
Target Orang yang Mudah Dikelabui Kasir Curang :
Pembeli yang tampak tergesa-gesa
Pembeli yang malas menghitung / memperhatikan struk
Pembeli yang sambil mainan hp / perhatiannya teralihkan.
TIPS Terhindar kasir Nakal dan Curang :
a. Awasi kasir saat menginput data / harga
b. Pastikan minta Struk
c. Teliti Struk sebelum meninggalkan Toko.
Sikap kita musti gimana ya..
Kalau ane sih liat-liat juga gan. Misalnya tu mbak-mbak gitu terus ane tegur juga. Tapi kalau dia gak lagi ya syukur deh. Sejauh ini saya masih doain aja yang bersangkutan dapat hidayah, karena sekecil apapun yang namanya bukan hak kita akan menjadi dosa kalau kita ambil, ya gak guys.
Ini pengalaman dicurangi pertama ane di minimarket tersebut. Karena biasanya juga belanja disitu kasirnya bener-bener aja kok. Ane sih kadang membatin juga kalau ngeliat perilaku gek bener gitu. Sebagai muslim kan kita wajib menentang kemaksiatan dengan daya upaya yang kita punya. Tapi juga khawatir jadi gak sweet ending. Takut si pelaku kena hukuman fatal sampe dipecat atau kena amuk massa. Naudzubillah.
Mudahan kita terhindar dari kejahatan seperti itu. Memang gak seberapa, tapi bisa merusak hati kita dengan amarah dan hati gak ikhlas.
(Kontributor: SKA)
thanks infonya Software Toko
ReplyDelete